Bisnis & Finansial

Mari Beralih Ke Cek BPJS Online !

Sebagian orang mungkin masih bingung tentang cara cek BPJS online yang tepat. BPJS Kesehatan merupakan asuransi dalam bidang kesehatan dan dijadikan alternatif kesehatan yang telah banyak menjadi pilihan masyarakat. Asuransi ini merupakan asuransi pemerintah sehingga biaya yang harus dibayarkan oleh masyarakat jauh lebih murah dari asuransi perusahaan lainnya.

Sebenarnya sudah banyak informasi yang menjelaskan tentang cara mengecek tagihan ini secara online. Tetapi, mungkin saja informasi tersebut masih dianggap sulit untuk diterima. Mungkin kalimatnya yang terlalu panjang sehingga pembaca sangat merasa bosan untuk membacanya.

Situs Web untuk Cek BPJS Online

Anda dapat dengan mudah untuk mengecek tagihan BPJS dengan membuka website resmi dari BPJS kesehatan. Ketika sudah berada di halaman utama, lakukan langkah berikut ini:

  1. Carilah menu Cek Iuran BPJS Kesehatan pada bagian sebelah kanan dari halaman utama website, kemudian Pilih
  • Isilah data yang tertera, mulai dari nomor kartu, tanggal kelahiran, angka validasi, kemudian pilih Cek
  • Setelah itu akan muncul rincian iuran tagihan BPJS anda

Cek Tagihan BPJS dengan Aplikasi Mobile JKN

Di jaman modern ini, aplikasi smartphone sudah menjadi andalan untuk menyelesaikan segala persoalan. Inilah yang mendorong BPJS Kesehatan untuk membuat aplikasi yang bernama Mobile JKN. Bagi yang belum mempunyai aplikasi ini, anda bisa segera menginstall dan langsung menggunakannya. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengecek tagihan BPJS di aplikasi Mobile JKN.

  • Install aplikasi Mobile JKN
  • Bukalah aplikasi tersebut untuk membuat akun baru
  • Setelah berhasil membuat akun baru, silahkan login dan kemudian pilihlah fitur Premi
  • Setelah itu, anda bisa memasukkan nomor kartu BPJS
  • Kemudian fitur akan memunculkan rincian jumlah tagihan

Cara cek BPJS online melaui twitter juga sangat mudah untuk dilakukan. Anda tinggal melakukan pencarian akun twitter BPJS Kesehatan di @BPJSKesehatanRI. Setelah akun tersebut berhasil dibuka, kirim tweet permintaan untuk cek tagihan BPJS. Kemudian admin dari akun tersebut akan meminta anda mengirim DM berupa nomor kartu, nama anda, dan tanggal lahir. Kemudian anda akan segera mengetahui berapa jumlah tagihan BPJS anda.

Keuntungan Ketika Cek BPJS Online

Selain dapat untuk mengecek tagihan BPJS dengan mudah, cara ini juga memiliki banyak keuntungan. Adapun berbagai keuntungan yang diberikan ketika kita cek tagihan BPJS online.

Tidak Perlu Antri

Keuntungan yang bisa langsung dirasakan ketika mengecek BPJS kesehatan secara online yaitu kita tidak perlu untuk mengantri. Kita tidak harus datang ke kantor cabang BPJS untuk mengecek tagihan. 

Fleksibel

Keuntungan selanjutnya yang bisa  dirasakan yaitu flesksibel. Kita dapat melakukan cek tagihan dimanapun dan kapanpun. Selama kita memiliki koneksi internet yang lancar, proses pengecekan akan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Hemat Waktu

Keuntungan yang lainnya adalah kita akan lebih menghemat waktu. Kita bisa bayangkan ketika  harus pergi ke kantor cabang BPJS Kesehatan, dan masih harus menunggu antrian berjam-jam. Padahal dengan kita melakukan cek tagihan secara online, waktu yang akan digunakan hanya dengan hitungan menit saja. Karena alaasan tersebut, sebagian besar dari masyarakat memilih cek tagihan BPJS secara online.

Semakin berkembangnya jaman, manusia semakin dituntut untuk menjadi manusia modern generasi digital. Apabila kita tidak mengikuti perkembangan jaman, kita akan tertinggal jauh dan menjadi insan yang kurang mengetahui teknologi. Sehingga kita harus segera beralih ke cek BPJS online untuk memudahkan kita dalam segala aspek. \

Join The Discussion