Kesehatan

4 Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

Kecantikan kulit adalah faktor penting yang harus diperhatikan, khususnya bagi para kaum wanita. Para wanita tentunya mendambakan kulit yang bersih, cerah, dan berseri. Banyak cara yang dilakukan oleh kaum wanita untuk mendapatkan hal tersebut. Mulai dari menggunakan berbagai macam kosmetik yang mahal, serta perawatan-perawatan rutin yang memakan biaya yang bisa dibilang tidak murah. Perawatan wajah dengan cara ini pun terkadang belum memberikan hasil yang maksimal dan justru dapat menyebabkan kerusakan kulit wajah. Padahal, terdapat beberapa cara mencerahkan wajah secara alami dan aman. Bagaimana caranya? Mari kita bahas satu-persatu.

4 Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

Cara Mencerahkan Wajah dengan Bahan-Bahan Alami

1. Putih Telur

Telur merupakan bahan makanan kaya protein yang menjadi favorit bagi banyak orang. Selain sebagai bahan makanan, telur dapat digunakan untuk merawat kulit agar dapat cerah berseri. Putih telur dapat digunakan sebagai masker wajah yang dapat mengangkat sel-sel kulit yang mati dan memberikan asupan nutrisi bagi kulit untuk meregenerasi pembentukan sel-sel baru. Hal inilah yang menjadikan kulit wajah nampak cerah berseri.

Penggunaan putih telur sebagai masker wajah juga bermanfaat dalam mengangkat minyak berlebih serta kotoran-kotoran yang menempel di wajah. cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Pisahkan putih telur dengan kuning telur
  • Oleskan secara merata pada wajah
  • Biarkan selama 15 menit
  • Kemudian bilas dengan air hingga bersih

2. Menggunakan Air Beras

Sejak zaman dahulu, beras sudah banyak digunakan oleh negara-negara seperti Jepang, Korea, dan Cina untuk merawat kulit agar tetap cerah berseri. Hal inilah yang menjadi rahasia mengapa wanita-wanita dari negara-negara ini memiliki kulit yang putih, tidak berkeriput, dan cerah. Kulit beras mengandung vitamin B yang sangat tinggi, kandungan inilah yang menyebabkan beras sangat baik digunakan untuk masker wajah.

Vitamin B yang terkandung dalam biji beras dapat membantu meremajakan kulit, mengangkat sel-sel mati dan meregenerasi dengan sel-sel yang baru. Dengan adanya peremajaan kulit, maka kulit kusam akan tergantikan oleh sel-sel yang baru, sehingga wajah akan nampak cerah berseri.

Cara penggunaan:

  • Ambil beras terbaik dan haluskan dengan penumbuk
  • Campurkan dengan sedikit air, kemudian gunakan sebagai masker wajah.
  • Biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih

3. Menggunakan Bengkoang

Bengkoang adalah buah yang sudah banyak dimanfaatkan untuk merawat kulit agar kulit dapat terlihat cerah. Berbagai jenis kosmetik juga memanfaatkan bengkoang sebagai bahan dasar. Bengkoang mengandung banyak vitamin yang dapat memberikan nutrisi bagi sel-sel kulit wajah. Bengkoang memang bahan yang tepat untuk mencerahkan wajah dengan cepat dan aman.

Cara penggunaan masker bengkoang:

  • Cuci bengkoang yang akan digunakan hingga bersih
  • Parut bengkoang hingga halusss
  • Saring parutan bengkoang hingga menghasilkan sari bengkoang
  • Gunakan sari bengkoang sebagai masker
  • Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih

4. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis banyak digunakan untuk bahan maskan atau bahan minuman. Selain pemanfaatan untuk dikonsumsi, Jeruk nipis juga dapatĀ  dijadikan untuk mencerahkan wajah. Jeruk Nipis mengandung antioksidan dan vitamin C. Kandungan senyawa ini akan membantu mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, menghilangkan jerawat, dan mengangkat sel kulit mati. Tidak hanya berfungsi mencerahkan kulit wajah, kandungan vitamin C yang tinggi juga dapat menangkap radikal bebas.

Cara penggunaan:

  • Cuci bersih jeruk nipis yang akan digunakan
  • Potong secara membujur hingga menjadi dua bagian
  • Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas sampai bersih

Demikian beberapa cara untuk mencerahkan wajah. Semoga bermanfaat.

Join The Discussion