Kesehatan

5 Obat Herbal Asam Lambung yang Efektif

Asam lambung atau sering disebut maag, sudah pernah dialami oleh sebagian besar orang. Asam lambung dapat dialami oleh seseorang yang memiliki pola makan tidak teratur atau telat makan. Ketika biasanya sudah jadwal kita untuk makan, lambung akan memproduksi asam lambung. Asam lambung yang diproduksi oleh lambung ini dapat naik hingga ke kerongkongan. Lambung juga dapat terluka akibat iritasi, dan ketika asam lambung naik dan mengenai luka tersebut, penderita akan merasakan rasa sakit yang luar biasa.

5 Obat Herbal Asam Lambung yang Efektif

Banyak obat herbal untuk mengatasi asam lambung, akan tetapi kebanyakan orang memilih obat sintetis yang tersedia di toko-toko atau apotek. Padahal, penggunaan obat-obatan kimia dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan gangguan kesehatan lain. Berbeda halnya dengan obat herbal. Obat herbal mengandung senyawa-senyawa kimia yang alami diproduksi oleh tanaman-tanaman sebagai metabollit sekunder. Senyawa alami ini aman bagi kesehatan tubuh.

5 Obat Herbal Asam Lambung yang Manjur

Beberapa obat herbal untuk mengatasi asam lambung adalah sebagai berikut:

1. Tanaman Anggrung

Tanaman Anggrung merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi asam lambung. Bagian akar dari tanaman Anggrung mengandung berbagai senyawa seperti sapaonin, flavonoid, serta polifenol. Senyawa inilah yang dapat berperan dalam mengatasi asam lambung.

Cara penggunaan:

  1. Ambil akar tanaman Anggrung secukupnya
  2. Rebus dengan air hingga volume air menjadi setengahnya
  3. Saring dan ambil air rebusannya
  4. Minum dua kali sehari agar hasil optimal
  5. Tanaman Anting-Anting

2. Tanaman Anting-Anting

Tanaman Anting-Anting secara tutun temurun sudah dijadikan tanaman herbal untuk mengobati sakit perut. Akar tanaman Anting-Anting mengandung zat antibiotik dan anti radang yang mampu mengatasi asam lambung dan meredakan peradangan akibat kenaikan asam lambung.

Cara penggunaan:

  1. Ambil akar tanaman Anting-Anting
  2. Rebus dengan air hingga volume air menjadi setengahnya
  3. Saring dan ambil airnyaa
  4. Minum ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore.
  5. Kunyit atau Kunir

3. Kunyit

Rimpang yang satu ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan herbal untuk mengobati berbagai penyakit lambung seperti asam lambung, maag kronis, serta mual-mual. Kunyit banyak digunakan sebagai bahan jamu untuk menjaga kesehatan, serta sudah banyak digunakan sebagai bahan untuk pembuatan obat penyakit lambung.

Kunyit mengandung senyawa kurkumin dan minyak atsiri yang dapat berperan sebagai anti biotik dan anti radang, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi asam lambung.

Cara penggunaan:

  1. Ambil kunyit secukupnya dan cuci hingga bersih
  2. Parut kunyit, kemudian saring untuk mendapatkan sarinya
  3. Minum parutan kunyit dua kali sehari, pagi dan sore, agar hasilnya optimal

4. Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang digemari oleh sebagian besar kalangan masyarakat. Pisang dapat dengan mudah dikembang biakkan dan cepat berbuah, sehingga banyak diperjual belikan. Pisang ternyata juga memiliki khasiat untuk mengobati asam lambung. Kandungan antasida dalam buah pisang dapat berperan dalam meredam produksi asam lambung.

Cara memanfaatkannya sangat mudah dan sederhana, cukup dengan rutin mengonsumsi buah pisang.

5. Menggunakan Temulawak

Temulawak merupakan jenis rimpang yang juga digunakan sebagai tanaman herbal untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Temulawak juga banyak digunakan untuk meningkatkan nafsu makan anak, sehingga anak dapat makan dengan lahap. Selain itu, Temulawak mengandung senyawa seperti kurkumin, glikosida, karbinol, kalium oksalat, dan toluil metil. Senyawa-senyawa ini dapat berperan untuk mengatasi asam lambung.

Cara penggunaannya adalah dengan memotong-motong temulawak, kemudian merebusnya dengan 2 gelas air. Setelah mendidih selama sekitar 5 menit, diamkan hingga dingin. Minum ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore.

Demikian beberapa obat herbal mengatasi asam lambung, jaga kesehatan dan semoga bermanfaat.

Join The Discussion