Catering

Aneka Menu Penyusun Nasi Tumpeng Enak di Jakarta

Nasi tumpeng merupakan salah satu sajian kuliner yang tak pernah absen di berbagai acara, seperti ulang tahun, syukuran, peresmian, dan masih banyak lagi lainnya. Sajian kuliner nasi tumpeng ini pun telah menyebar di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya Jakarta. Ada berbagai kreasi nasi tumpeng enak di Jakarta yang sangat menggugah selera.

Nasi tumpeng umumnya berupa nasi kuning yang dibentuk kerucut. Meski begitu, saat ini nasi tumpeng tak selalu harus berbentuk kerucut. Anda bisa berkreasi sesuai imajinasi anda sendiri. Nasi tumpeng ini disuguhkan dengan beragam menu makanan lain berupa sayur dan lauk pauk di sekelilingnya. Untuk mengetahui apa saja menu makanan pendamping nasi tumpeng yang enak tersebut, anda simak saja info lengkapnya berikut ini.

Aneka Menu Penyusun Nasi Tumpeng Enak

Berikut ini adalah aneka menu makanan yang disajikan di sekeliling nasi tumpeng yang perlu untuk anda ketahui.

Ayam Goreng

Selain nasi kuning, dalam sajian kuliner nasi tumpeng juga terdapat menu ayam goreng. Untuk membuat ayam goreng ini, ayam terlebih dahulu diungkep dengan bumbu kuning. Setelah itu, ayam baru bisa digoreng dan disajikan. Menu ayam goreng dalam kuliner nasi tumpeng ini sangatlah gurih dan lezat. Ayam yang dipilih biasanya ayam jantan. Hal ini bukan tanpa alasan. Penggunaan ayam jantan dipercaya mampu menghindarkan kita dari sikap ayam jantan yang memang angkuh, tidak setia, dan merasa benar sendiri. Jika anda tidak memiliki ayam jantan, anda sebenarnya juga bisa menggunakan ayam betina.

Urap

Dalam nasi tumpeng tersebut juga dilengkapi dengan urap. Urap ini diisi dengan campuran berbagai sayuran rebus seperti halnya bayam, tauge, kangkung, dan kacang panjang. Aneka sayuran ini dicampur dengan parutan kelapa yang telah dibumbui. Penyusun nasi tumpeng yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan lezat karena penuh bumbu.

Tahu dan Tempe

Dalam nasi tumpeng umumnya juga terdapat tahu dan tempe. Tahu dan tempe banyak dipilih karena praktis, mudah, dan cepat dibuat. Selain diolah menjadi tahu dan tempe goreng, anda juga bisa mengolahnya menjadi keringan tahu dan tempe. Keringan tahu dan tempe dengan baluran bumbu pedas manis tentunya membuat cita rasa nasi tumpeng semakin berwarna dan nikmat. Selain menambah cita rasa nasi tumpeng, penggunaan tahu dan tempe ini juga mampu memperkaya nilai gizinya.

Telur

Nasi tumpeng akan terasa lebih nikmat dengan adanya telur. Telur bisa diolah menjadi telur rebus yang disajikan dengan cangkangnya. Penyajian telur ini memiliki makna tersendiri, yakni semua tindakan harusnya direncanakan secara baik (dikupas). Selain direbus, telur juga bisa disajikan dengan didadar. Dadar telur sampai benar-benar matang. Setelah itu, anda sajikan telur dadar tersebut dengan cara digulung, kemudian dipotong tipis secara memanjang. Telur dadar dengan warna kuning kecoklatan mampu mempercantik tampilan nasi tumpeng.

Sambal

Apapun masakannya, tak lengkap rasanya jika tak dilengkapi dengan sambal, tak terkecuali sajian kuliner nasi tumpeng. Adapun sambal yang seringkali melengkapi sajian nasi tumpeng enak di Jakarta ialah sambal balado, sambal goreng, dan masih banyak lagi lainnya. Pemilihan sambal ini tergantung pada selera dan budget yang anda miliki. Sambal ini bisa dijadikan dalam wadah tersendiri ataupun diguyurkan langsung di salah satu menu masakannya. Selain sambal, nasi tumpeng juga dilengkapi dengan perkedel kentang, ikan, dan aneka menu makanan lainnya.

Join The Discussion