Kesehatan

Apa Itu Chia Seed? Yuk Cari Tahu Manfaatnya!

Pernah mendengar chia seed atau biji chia? Mungkin bagi masyarakat Indonesia biji chia masih sangat jarang dikenal. Berbeda dengan biji selasih, biji ini merupakan biji dari tanaman yang masih satu spesies dengan tanaman mint. Jika biji selasih berwarna hitam, biji chia bisa berwarna-warni dari hitam, abu-abu hingga warna paduan hitam bercak putih. Kemiripannya dengan biji selasih adalah mengenai bentuknya yang hampir membentuk ovale. Biji chia berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan dan memiliki arti kekuatan.

Persebaran Chia Seed

Meskipun bukan berasal dari daerah Asia, namun kini persebarannya sudah meluas termasuk di Indonesia hingga Australia. Budidaya biji chia dulunya banyak dilakukan di Meksiko dan Guatemala. Pada zaman dahulu, biji chia merupakan bahan pangan utama atau pokok di kedua negara tersebut.

Karena menyebar melalui perdagangan, kini di Indonesia bisa di dapatkan dengan mudah. Biji chia bisa ditemukan dalam berbagai bentuk, mulai dari bijian secara utuh, bentuk sereal maupun dalam bentuk makanan ringan. Agar lebih mudah menemukan biji chia, bisa mengunjungi toko-toko yang menjual makanan sehat. Hal ini dikarenakan biji chia merupakan salah satu makanan sehat yang penuh manfaat.

Manfaat biji chia

Berikut ini manfaat biji chia bagi tubuh manusia, diantaranya adalah:

  1. Menurunkan kolesterol dan trigliserid

Manfaat pertama dari chia seed adalah membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh serta menurunkan trigliserid. Dengan demikian, risiko darah tinggi dan penyakit jantung dapat berkurang. Penelitian sains telah membuktikan bahwa biji chia dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena kandungannya yang kaya akan omega 3.

  • Pelindung organ penting

Manfaat lainnya adalah sebagai pelindung jantung atau dikenal dengan istilah kardioaktif. Selain jantung, kandungan dalam biji chia berguna untuk melindungi hati atau liver yang dikenal dengan istilah hepatoprotektif.

  • Mencegah berbagai penyakit

Biji chia mampu meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh sehingga menjauhkan dari berbagai macam penyakit termasuk kanker, diabetes, radang sendi dan jenis peradangan lainnya. Kandungan biji chia yang kaya akan antioksidan ini bahkan bisa mencegah terjadinya penyakit auto immune disease.

  • Kesehatan tulang

Biji chia mengandung kalsium, magnesium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi biji chia dapat menurunkan risiko terjadinya osteoporosis. Bagi seorang vegetarian, chia seed adalah sumber kalsium terbaik yang bisa dikonsumsi.

  • Mengatasi diverticulosis

Serat yang tinggi dalam kandungan biji chia dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah diverticulosis. Diverticulosis merupakan sebuah penyakit yang menyerang usus besar karena timbul kantung. Selain itu, biji chia juga akan mencegah sembelit dan memperlancar kinerja usus.

Sebagai makanan yang sehat, pengolahan biji chia juga harus diperhatikan. Untuk mendapatkan manfaatnya, chia seeds dapat dikonsumsi sebagai campuran dalam sereal, smoothies, salad, nasi serta yoghurt.