Bisnis & Finansial

Cara Berbisnis Modal Kecil Agar Cepat Sukses dan Berkembang

Banyak orang  yang mempunyai cita-cita untuk menjadi pengusaha sukses dan besar. Namun hanya sebagian kecil saja dari mereka yang dapat mewujudkan cita-citanya. Memang untuk bisa mengembangkan usaha menjadi besar dari awal sebenarnya tidak semudah membalikan telapak tangan. Terlebih lagi bila modal yang dimiliki hanyalah kecil, tentu ini akan semakin berat. Akan tetapi, anda tak perlu khawatir karena sekarang sudah ada cara berbisnis modal kecil yang bisa membuat anda cepat sukses dan usaha anda berkembang.

Cara berbisnis modal kecil yang akan kami bagikan tentunya akan memberikan manfaat bagi anda yang ingin memulai usaha namun mempunyai modal minim. Di samping modal, yang harus anda miliki yaitu mental baja dan semangat tidak mudah menyerah dan putus asa. Dengan berusaha sekuat tenaga, maka bisnis kecil yang anda rintis lama-kelamaan juga akan berkembang pesat dan anda akan meraih kesuksesan.

Inilah Cara Jitu Berbisnis Dengan Modal Kecil

Pada dasarnya setiap orang mempunyai kesempatan agar dapat membuka usaha nya sendiri. Bagi anda yang masih merasa khawatir dan takut akan kegagalan usaha, maka anda bisa mencoba cara-cara dibawah ini. Ini bisa menjadi panduan saat anda ingin membuka usaha dengan modal kecil.

Tentukan jenis usaha anda

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan usaha yang cocok dan pas untuk anda. Coba saja pilih usaha yang sesuai dengan hal yang anda sukai atau hobi anda. Dengan demikian, anda tentu tidak akan merasa berat dan terbebani saat menjalankannya. Contoh yang paling mudah, bila anda hobi travelling maka anda bisa memulai usaha dengan mendirikan jasa tiketing. Usaha travel fotografer, tour guide dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaatkan semaksimal mungkin peralatan yang anda miliki

Jika anda memiliki modal yang kecil untuk membuka usaha baru, maka saat anda merintis usaha tidak selamanya anda perlu peralatan yang canggih dan baru. Anda dapat memakai peralatan yang dimiliki untuk meminimalisir modal yang akan dikeluarkan. Bila nanti usaha sudah besar, maka alat yang sudah tidak memungkinkan bisa anda ganti dengan peralatan baru yang lebih canggih.

Hitung modal yang harus dikeluarkan

Bila anda telah menentukan apa jenis usaha yang akan dirintis, maka anda akan sampai pada tahap penghitungan modal usaha yang hendak dipakai. Sebaiknya lakukan perhitungan dengan teliti. Jangan sampai ada unsur pendukung usaha yang nantinya tidak terhitung di dalamnya. Bila hasil hitungan menunjukkan modal yang relatif besar, maka anda harus dapat mengambil alternatif dengan cara mengubah jenis usaha atau melakukan penghematan.

Menentukan lokasi usaha

Salah satu biaya paling besar yang harus dikeluarkan dalam sebuah usaha adalah biaya sewa lokasi. Semakin strategis lokasi, maka tentu akan semakin tinggi biaya sewanya. Ini menjadi kendala yang dialami banyak orang dengan modal kecil saat merintis usaha. Walaupun demikian, dalam hal ini masih ada alternatif lain. Yaitu dengan cara membuka usaha rumahan tetapi memberi layanan delivery. Dengan begitu, hal ini bisa mengurangi modal yang harus anda keluarkan. Cukup menambah modal pengeluaran BBM, yang pastinya tidak sebesar modal sewa toko atau ruko.

Lakukan promosi lewat media sosial

Promosi yang bisa dilakukan dalam cara berbisnis modal kecil adalah melalui media sosial. Tak dipungkiri bahwa biaya promosi menjadi biaya paling besar dan wajib dikeluarkan pengusaha. Seperti biaya reklame, iklan dan banner yang memang tidak murah. Hal ini dapat menguras isi kantong dan modal anda. Jadi alangkah baiknya bila anda melakukan promosi gratis lewat jejaring sosial. Karena meski gratis, ini dapat memberikan hasil maksimal. Disamping itu, promosi lewat medsos menjadi salah satu jenis promosi efektif di era digital saat ini.