Bayi

Jangan Hanya Mementingkan Kuantitas ASI Tapi Juga Kualitas ASI

ASI atau air susu ibu merupakan asupan penting bagi bayi hingga usia 2 tahun. Kebutuhan asi yang cukup memiliki banyak manfaat bagi si kecil. Seperti terhindar dari berbagai penyakit, meningkatkan kecerdasan, mencukupi kebutuhan nutrisi, mengurangi resiko berbagai sindrom dan lainnya. Banyak ibu menyusui yang hanya memikirkan kuantitas atau jumlah asi. Mereka tidak memikirkan kualitas asi. Padahal kualitas tidak kalah penting bagi kesehatan bayi.

Perhatikan Kualitas Jangan Hanya Kuantitas ASI

Asi harus diberikan secara ekslusif selama 6 bulan pertama. Usia ini bayi masih rentan dengan berbagai penyakit. Asi bisa membantu meningkatkan zat pembentuk kekebalan tubuh. Karena asi mengandung antibodi yang tinggi. Asi yang berkualitas mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan. Seperti karbohidrat, lemak, mineral, protein, air dan vitamin. Selain itu adi juga memiliki zat pembentuk kekebalan tubuh dan meningkatkan pencernaan bayi. Sehingga penyerapan nutrisi semakin maksimal.

Makanan yang ibu konsumsi bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas asi. Oleh karena ibu harus memperhatikan auspan nutrisi yang ia makan setiap harinya. Ketahui makanan apa saja yang baik untuk ibu menyusui. Yang bisa meningkatkan kualitas, tidak hanya kuantitasnya saja. Sehingga si kecil bisa tubuh dengan baik dan terpenuhi semua kebutuhan nutrisinya.

Jenis Nutrisi Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Rasa ASI tergantung dengan makanan yang ibu konsumsi. Oleh karena ibu disarankan untuk teliti dan cermat memilih makanan. Jangan makan makanan sembarangan yang bisa mempengaruhi kesehatan bunda dan juga kualitas asi. Ibu menyusui membutuhkan kalori yang lebih banyak dibandingkan wanita normal lainnya. Ketika menyusui ada banyak kalori yang dikeluarkan. Sehingga ibu harus makan semakin banyak juga,

Oleh karena itu ibu disarankan untuk konsumsi makanan yang kaya karbohidrat. Seperti beras cokelat, roti gandum, kentang dan lainnya. Kalori bisa membuat stamina ibu semakin baik dan bisa menyusui dengan maksimal. Selain itu akan membuat kualitas dan kuantitas asi semakin baik. Selain itu ibu harus memenuhi nutrisi sebagai berikut.

     Makanan yang mengandung lemak baik, seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, dan biji-bijian

     Berbagai jenis sayuran terutama bayam dan brokoli

     Makanan yang mengadung protein tinggi. Seperti telur, ayam, dan ikan

     Perbanyak konsumsi air putih karena ibu menyusui lebih cepat haus dan terhindar dari dehidrasi

 Saripati Ayam Untuk Kualitas ASI

selain memenuhi kebutuhan nutrisi diatas, anda juga bisa menggunakan saripati ayam untuk melancarkan asi. Saripati ayam mengandung protein yang tinggi. Membantu memenuhi nutrisi selama menyusui dan meningkatkan produksi asi. Selama menyusui ibu membutuhkan energi yang tinggi. Tidak hanya habis untuk menyusui tapi juga kegiatan lainnya. Dengan konsumsi saripati ayan, tidak hanya melancarkan asi tapi juga meningkatkan energi ibu,sehingga ibu tidak cepat capek dan bisa menyusui dengan baik.

Jika tubuh ibu sehat, maka semua nutrisi dari makanan lain juga bisa diserap dengan baik. ASI tidak hanya memiliki kuantitas tinggi tapi juga berkualitas. Asi mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil. Menurut penelitian, saripati ayam bisa meningkatkan epidermal growt factor, lactoferin dan transforming growth factor beta. Ketiga zat tersebut bisa meningkatkan sistem imunitas dan pertumbuhan bayi. Selain itu bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sistem pencernaan dan pengrusakan jaringan.

Anda bisa mengkonsumsi saripati ayam dari produk yang ada di pasaran. Mudah didapatkan dan memiliki kualitas tinggi. Sehingga anda bisa membuat kualitas asi semakin lancar.

Join The Discussion