Salesmanship dan Motivasi

Pengertian Intuisi dan 5 Cara Rahasia Mempertajamnya

 

Pengertian Intuisi dan 5 Cara Rahasia Mempertajamnya

Orang yang sukses berbisnis telah dibuktikan dalam sebuah penelitian bahwa ia mempunyai nilai skor yang lebih baik dalam uji indera keenam jika dibandingkan dengan orang biasa. Hal ini menjelaskan bahwa orang yang sukses lebih banyak menerapkan kekuatan psi di kehidupan sehari-harinya. Adapun salah satu kemampuan psi tersebut ialah kemampuan intuisi. Intuisi ini seringkali menentukan keputusan yang diambil. Hanya saja, tidak semua orang memahami intuisi. Bagi anda yang juga belum mengetahui intuisi, ada baiknya anda simak pengertian intuisi berikut ini.

Definisi Intuisi

Intuisi merupakan istilah untuk kemampuan yang bisa memahami sesuatu tanpa ada penalaran rasional serta intelektualitas. Intuisi juga diartikan sebagai pengetahuan yang bergerak antara literal dan rasional. Tak hanya itu, intuisi juga dianggap sebagai kemampuan untuk mengetahui serta merasakan peristiwa yang akan terjadi. Banyak juga yang mengartikan intuisi sebagai proses datangnya pengetahuan secara tiba-tiba atau langsung tanpa adanya penjelasan sebelumnya.

Intuisi ini mencangkup banyak hal dan seringkali dihubungkan dengan insting, indera keenam, dan bahkan sesuatu yang mistis atau ajaib. Meski memiliki pengertian yang berbeda-beda, nyatanya mempunyai maksud yang sama. Intuisi dianggap sebagai kemampuan mengetahui sesuatu yang akan terjadi, seperti halnya menebak dengan benar, namun bukan sebuah tebakan. Hal ini dikarenakan pikiran atau pengetahuan ini muncul sendirinya. Intuisi ini dimiliki oleh semua orang dengan kadar yang berbeda-beda.

Cara Mempertajam Intuisi

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengasah dan mempertajam intuisi. Hanya saja, pastikan suasana hati anda berada dalam kondisi santai, senang, dan nyaman. Pasalnya, intuisi tidak akan bekerja baik ketika anda dalam kondisi lelah, capek, stress, marah, ataupun kondisi tidak menyenangkan lainnya. Adapun caranya ialah sebagai berikut.

  1. Relaksasi

Dalam kondisi relaks, anda bisa mendengar intuisi secara lebih jernih karena otak berada dalam gelombang alfa sehingga mengaktifkan fungsi otak kanan. Adapun salah satu cara relaksasi ialah dengan merasakan nafas atau meditasi. Anda lakukan relaksasi minimal 1 jam di pagi hari sesudah bangun tidur (jam 4-7 pagi) serta 1 jam sebelum tidur (jam 9-11 malam) ataupun di atas jam 2 dini hari.

  1. Kenali Firasat

Hal lainnya yang harus anda lakukan ialah mengenali firasat serta mengetahui bagaimana intuisi berkomunikasi dengan diri anda. Mungkin anda merasakan suara yang berasal dari dalam diri secara berulang-ulang, pikiran yang kuat, dan bahkan beberapa sensasi yang muncul pada tubuh anda. Anda kenali tanda-tanda seperti ini dan lakukan identifikasi.

  1. Bersikap Spontan

Saat anda bingung memilih ataupun mengambil keputusan, anda tenangkan pikiran serta dengarlah jawaban yang datang pertama kali dalam benak. Hal ini juga saat anda berkenalan dengan seseorang, anda bisa merasakan apakah orang tersebut dapat diajak bekerja sama atau tidak. Pada umumnya, penilaian spontan akan lebih jujur sebab berasal dari suara hati.

  1. Konsentrasi

Intuisi berkomunikasi dengan diri anda dapat berlangsung dalam waktu yang sangat cepat tanpa anda sadari sebelumnya. Dengan begitu, sebisa mungkin anda harus menjaga konsentrasi supaya bisa menangkap intuisi dengan baik apa yang sebenarnya telah disampaikan.

  1. Peka Terhadap Sinyal Tubuh

Tubuh anda adalah pengantar pesan yang sangat kuat. Jika sedang sakit, sebenarnya intuisi anda ingin mengatakan bahwa anda harus beristirahat serta lebih merawat diri sendiri. Dengan mengetahui pengertian intuisi, anda bisa mengerti bahwa anda harus peka terhadap sinyal tubuh seperti ini.

Join The Discussion