Salesmanship dan Motivasi

Pengertian Moral Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Moral Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Moral adalah istilah yang sudah tidak asing lagi didengar. Moral ini mengarah pada baik dan buruknya tindakan. Sebagai manusia, kita diharuskan memiliki moral yang baik. Dengan moral yang baik, kita bisa dihargai dan dihormati orang lain. Moral diajarkan sejak dini oleh orangtua dengan tujuan supaya kita tidak dipandang sebelah mata. Moral itu sendiri memiliki pengertian yang sangat luas. Untuk lebih memahami arti moral, ada baiknya anda simak pengertian moral berikut ini.

Definisi Moral Secara Umum

Dilihat secara umum, moral diartikan suatu hukum tingkah laku yang umumnya diterapkan tiap orang untuk bersosialiasi dengan masyarakat. Moral memiliki peranan penting supaya bisa bersosialisasi secara benar dan terjalin rasa hormat sekaligus sikap saling menghormati. Dengan alasan inilah, moral memang sangat perlu diajarkan sejak dini oleh orangtua serta lingkungan. Dengan diajarkan sejak dini, maka generasi muda akan memiliki moral baik dan bisa diterima secara baik di masyarakat luas.

Bagi insan manusia, pelajaran moral sangatlah penting dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya moral, anda bisa membantu dalam pergaulan serta menjalin hubungan yang baik dengan warga sekitar. Jatuhnya moral di kalangan anak muda zaman sekarang dikarenakan kurangnya perhatian dari pihak orangtua mengenai anaknya. Maka dari itu, sebagai generasi muda, kita memang harus meningkatkan moral supaya bangsa tetap terjaga moralnya di pandangan mata dunia.

Definisi Moral Menurut Para Ahli

Istilah moral juga diartikan oleh para ahli ternama dengan definisi tersendiri. Berikut ulasan lengkapnya.

Chaplin

Menurut Chaplin, moral condong pada akhlak yang sesuai dengan aturan sosial, atau berkaitan dengan adat kebiasaan atau hukum yang mengatur tingkah laku.

Merriam Webster

Menurut Merriam Webster, moral diartikan mengenai apa yang benar serta salah di dalam perilaku tubuh manusia. Suatu hal akan dianggap benar dan baik oleh orang apabila perilakunya sesuai dengan standar yang ada di dalam kelompok ataupun masyarakat tersebut.

Hurlock

Ahli lain yang bernama Hurlock juga mengemukakan definisi tentang moral. Adapun arti moral menurut Hurlock ialah kebiasaan, tata cara, dan adat peraturan perilaku yang sudah menjadi kebiasaan di kalangan anggota suatu budaya.

Sonny Keraf

Lain halnya dengan Sonny Keraf. Dijelaskan bahwa moral berfungsi untuk melihat baik serta buruknya sebuah tindakan manusia yang pada hakikatnya sebagai seorang manusia. Pada umumnya, tindakan manusia diukur di dalam sebuah anggota masyarakat atau sebagai manusia yang memiliki posisi tertentu dalam suatu pekerjaan. Moral ini juga digunakan oleh masyarakat sebagai patokan yang menjadi penentu tindakan baik serta buruk sebagai seorang manusia.

Wantah

Wantah juga mengemukakan definisi dari moral. Menurut Wantah, moral memiliki pengertian sebagai sesuatu yang ada jalinan hubungan atau berkaitan dengan kemampuan yang menentukan benar salah serta baik buruknya tingkah laku.

Imam Sukardi

Istilah moral menurut Imam Sukardi berarti sebagai ukuran ataupun tindakan kebaikan yang telah diterima oleh masyarakat. Pada umumnya, istilah moral ini meliputi dari kesatuan sosial maupun suatu lingkungan tertentu. Moral ini juga bisa diartikan sebagai kebaikan, bahwa seorang pria dengan konsep atau langkah yang diadopsi oleh seorang pria.

Wikipedia

Lain halnya menurut Wikipedia, pengertian moral ialah pesan yang disampaikan dari kisah atau peristiwa. Pada umumnya, moral ini juga berfungsi sebagai salah satu pelajaran yang bisa dipetik dari kisah atau peristiwa yang telah dialami.

Join The Discussion