Salesmanship dan Motivasi

Pengertian Pragmatis dan Contohnya Dalam Kehidupan

Pengertian Pragmatis dan Contohnya Dalam Kehidupan

Pragmatis sangat melekat dalam kehidupan. Hanya saja, istilah ini masih asing didengar oleh sebagian masyarakat. Pragmatis itu sendiri memiliki 2 arti. Pragmatis merupakan sebuah homonim dikarenakan pengertiannya mempunyai ejaan serta pelafalan yang sama namun berbeda makna. Istilah pragmatis ini mempunyai arti dalam kelas adjektiva (kata sifat). Maka dari itu, pragmatis bisa mengubah kata benda ataupun kata ganti, biasanya dengan cara menjelaskannya ataupun membuatnya menjadi lebih spesifik. Untuk info lebih jelas mengenai pragmatis, anda simak saja pengertian pragmatis berikut ini.

Definisi Pragmatis

Pragmatis bersifat praktis serta berguna bagi umum. Istilah ini bersifat mengutamakan segi kepraktisan serta kegunaan atau kemanfaatan. Pragmatis ini bersangkutan dengan nilai-nilai kepraktisan atau pragmatisme. Istilah pragmatis ini merupakan suatu sikap dan juga pemikiran yang mengutamakan pada hasil serta menitik beratkan di sisi kepraktisan alih-alih memandang segala sesuatu dari keseluruhan prosesnya secara terperinci. Definisi pragmatis ini juga dikemukakan oleh beberapa ahli, seperti Hadiwijono, Wona, dan Peirce.

Menurut Hadiwijono, pragmatis merupakan konsep kebenaran dengan melihat akibat secara praktis menggunakan logika pengamatan. Sementara menurut Wona, pragmatis ini ialah lawan dari idealis, yakni konsep yang lebih menitik beratkan untuk melalui cara ataupun jalur yang sifatnya jangka pendek dengan melakukan hal-hal yang bersifat praktis serta mengesampingkan sisi ketidakbergunaan. Lain halnya dengan Peirce, pragmatis diartikan sebagai suatu pemahaman logika yang digunakan untuk menciptakan suatu ide menjadi jelas serta terang, semakin menjadi berarti, atau metode guna menerjemahkan makna dari ide-ide.

Contoh Pragmatis Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini adalah beberapa contoh pragmatis yang ada di dalam kehidupan sehari-hari selengkapnya.

Pahami Bahwa Tidak Semua Orang Bisa Mengerti

Perlu untuk anda ketahui, kemauan humor tiap orang sangatlah beragam. Apabila anda mendapatkan tatapan kebingungan, maka anda bersikap sopan saja dan catatkan rasa malu apa pun untuk nantinya digunakan komedi.

Jangan Takut Untuk Tampil Berbeda

Hal terpenting yang perlu diingat ialah untuk tidak tersenyum semringah. Anda abaikan saja mereka.

Jadilah Sadar Diri

Dalam hal ini maksudnya, anda sadari bahasa tubuh anda pada setiap saat. Hal ini untuk menganalisis bahasa tubuh bisa menjadi berguna. Anda bisa mengetahui cara menampilkan diri anda sendiri.

Ingat Bahwa Orang Lain Itu Sama Dengan Anda

Ketika ada seseorang yang tidak menghormati anda, maka anda abaikan saja sampai dia sadar dengan sendirinya. Mungkin saja orang itu bersikap kasar kepada anda karena merasa tidak bahagia.

Tenang

Serius dan terus menerus meyakinkan kepada diri anda sendiri bahwa anda tidak pandai dalam bersosialisasi. Hal ini untuk menciptakan kecemasan yang berputar di dalam pikiran anda ketika berbicara dengan seseorang. Kemudian anda fokus pada kata kecemasan sehingga semuanya akan menjadi satu siklus besar yang nantinya terwujud sendiri. Apabila anda gugup atau cemas, orang lain akan mengetahui hal tersebut. Mereka pun akan memakan energi kecemasan anda sehingga membuat lebih banyak kecemasan tersebut. Maka dari itu, bersikaplah tenang.

Bagi sebagian orang, pengertian pragmatis merupakan suatu sikap atau tindakan yang tidak bisa menghargai proses. Hanya saja, apabila anda memandang pada sisi sejarah tentang pragmatisme sendiri, maka anda bisa tahu bahwa sikap pragmatis sebenarnya bukan berarti tidak bisa menghargai proses. Akan tetapi, sikap pragmatis lebih kepada menghilangkan unsur-unsur yang bisa mengurangi efisiensi dari langkah untuk mencapai tujuan. Pelajari juga pragmatis dalam dunia sales dalam pelatihan sales untuk meningkatkan kualitas diri anda.

Join The Discussion