Salesmanship dan Motivasi

Pengertian Stakeholder Lengkap Dengan Fungsinya

Pengertian Stakeholder Lengkap Dengan Fungsinya

Istilah stakeholder seringkali dikaitkan dalam beragam ilmu, seperti ilmu komunikasi, informasi, bisnis, pengolahan sumber daya, dan masih banyak lainnya. Istilah stakeholder ini pun juga banyak digunakan oleh lembaga umum dalam mengambil keputusan. Meski sudah sangat familiar, masih ada banyak orang yang ternyata belum memahami istilah stakeholder. Bagi anda yang juga belum mengetahui stakeholder, ada baiknya anda simak pengertian stakeholder pada ulasan berikut ini.

Definisi Stakeholder

Definisi stakeholder dikemukakan oleh beberapa ahli. Salah satunya Biset (1998). Menurut Biset, stakeholder didefinisikan sebagai orang dengan suatu kepentingan ataupun perhatian pada permasalahan tertentu. Pada umumnya, istilah stakeholder ini seringkali disangkutpautkan dengan dasar dari segi kekuatan serta kepentingan relatif stakeholder akan issu, serta dari segi posisi penting sekaligus pengaruh yang dimiliki mereka. Tak hanya Biset, definisi stakeholder juga dikemukakan oleh Freeman (1984). Menurut Freeman, stakeholder diartikan sebagai individu atau kelompok yang bisa mempengaruhi dan atau dipengaruhi oleh pencapaian tujuan tertentu.

Lain halnya dengan Wibisono. Menurutnya, kata stakeholder dianggap sebagai kelompok atau individu yang dapat mempengaruhi atau dipengaruhi aktivitas serta eksistensi perusahaan dengan berkepentingan secara langsung ataupun tidak langsung. Jika AA1000 SES menganggap stakeholder merupakan kelompok yang bisa mempengaruhi dan atau dipengaruh oleh produk atau layanan, aktivitas, dan kinerja organisasi. Sementara ISO 26000 SR mengartikan stakeholder sebagai individu atau kelompok yang mempunyai kepentingan akan keputusan dan aktivitas organisasi.

Fungsi Stakeholder

Stakeholder memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung bidangnya. Hal ini tak terkecuali stakeholder dalam bisnis. Adapun fungsi stakeholder dalam bidang bisnis ialah sebagai berikut.

Pemegang Saham (Pemilik)

Pemegang saham memiliki peranan sebagai investor yang menyediakan modal guna menjalankan suatu perusahaan. Pemilik ini juga berperan sebagai pengawas perusahaan dengan mengamati kinerja para pegawai serta kondisi finansial perusahaan.

Pegawai

Perusahaan melakukan kinerja yang dipengaruhi oleh kinerja sumber daya manusia di dalamnya. Pegawai mempunyai peranan yang sangat penting dalam bisnis, dimana pegawai adalah orang yang berhubungan secara langsung dengan proses produksi. Keadaan yang nyaman serta harmonis diantara tiap pegawai akan menghasilkan kerjasama yang baik pula dengan cara mengesampingkan kepentingan masing-masing.

Suplier (Pemasok)

Suplier memiliki peranan penting dalam menyediakan bahan baku yang nantinya akan dipakai untuk produksi. Jika terjadi keterlambatan dalam penyediaan bahan baku ini tentu saja akan mengganggu jalannya proses produksi. Hal ini tentu saja akan berdampak pada proses pemasaran serta distribusinya.

Konsumen

Konsumen mempunyai peranan sebagai pengguna serta pengamat hasil produk yang berasal dari suatu perusahaan. Laris atau tidaknya barang yang dipasarkan sangatlah dipengaruhi oleh selera masyarakat. Maka dari itu, saran konsumen begitu penting untuk kemajuan perusahaan. Perusahaan juga hanya dapat berjalan apabila memiliki konsumen sebagai pengguna produk ataupun jasa yang dijual. Guna memperoleh konsumen, maka perusahaan harus mampu menyediakan produk terbaik dengan tawaran harga yang wajar.

Pesaing (Kompetitor)

Persaingan bisnis tentu saja terjadi di semua industri. Kompetitor langsung merupakan perusahaan yang mempunyai produk atau jasa yang sama dalam industri tertentu.

Pemerintah

Pihak yang mempunai wewenang serta kuasa dalam hal mengeluarkan perizinan usaha. Kelompok masyarakat yang kental dengan kegiatan KKN bisa saja akan berupaya menggagalkan ataupun memudahkan rencana yang direncanakan oleh perusahaan.

Dari ulasan diatas bisa disimpulkan bahwa pengertian stakeholder ialah individu atau kelompok yang berperan penting dalam maju atau tidaknya suatu perusahaan.

Join The Discussion