Kesehatan

Penting! Perkembangan Janin Usia 6 Bulan

Perkembangan janin usia 6 bulan sangatlah penting untuk selalu diperhatikan. Kesehatan kondisi janin adalah harapan setiap ibu yang mengandung. Janin harus selalu diperiksakan kepada dokter, sehingga kesehatannya akan terus terpantau. Terlebih lagi apabila sang janin sudah melakukan gerakan-gerakkan yang semakin kuat di usia kehamilan yang cukup tua. Kebanyakan ibu yang pertama kali mengandung pasti akan merasa kaget dan khawatir terhadap kondisi sang janin.

Dari segi aktivitas janin dalam kandungan, perkembangan janin usia 6 bulan memang akan menunjukkan bahwa janin semakin aktif dan banyak melakukan gerakan-gerakan untuk melatih sistem ototnya. Semakin tua, maka sistem otot juga akan semakin berkembang, sehingga gerakan yang dilakukan janin juga semakin kuat.

Penting! Perkembangan Janin Usia 6 Bulan

Tahapan Perkembangan Janin Usia 6 Bulan

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan agar janin anda bisa selalu sehat dan dalam kondisi yang baik :

Perkembangan Janin Usia 6 Bulan: Minggu Ke-23

Pada usia ini, kulit janin mulai terbentuk dengan kondisi yang nampak keriput dan kendur. Hal ini dikarenakan janin belum mulai menyimpan lemak dalam tubuhnya, sedangkan perkembangan kulitnya telah terbentuk, sehingga kulit janin belum terisi oleh cadangan lemak.

Setelah janin mulai membuat cadangan lemak dalam tubuhnya, kulit janin akan terisi dan tidak lagi keriput. Pada usia ini, kulit janin masih memiliki rona kemerah-merahan, sehingga terlihat transparan.

Perkembangan Janin Usia 6 Bulan: Minggu ke-24

Pada usia ini, janin memiliki bobot yang semakin berat, karena berasal dari cadangan lemak serta organ dan otot yang semakin terbentuk. Janin memiliki berat badan sebesar 0,7 kg dan panjang 22 cm.

Pada masa ini, wajah janin semakin terbentuk sempurna dan sangat menggemaskan. Rambut-rambut halus juga sudah tumbuh di beberapa bagian tubuh meskipun kondisinya masih lembut dan belum berwarna karena janin masih belum memproduksi pigmen atau zat warna.

 

Perkembangan Janin Usia 6 Bulan: Minggu ke-25

Pada usia kehamilan ini, janin akan semakin cepat tumbuh dan berkembang. Pembuluh kapiler pada kulit janin juga telah terbentuk dan nampak di bawah kulit janin telah terisi darah. Selain itu, pada masa akhir minggu ini, akan terbentuk kantung udara yang dilapisi oleh pembuluh kapiler dalam paru-paru. Kantung udara ini akan berfungsi untuk mempersiapkan bayi menghirup udara ketika dilahirkan nanti.

Akan tetapi, paru-paru janin pada usia ini masih belum siap digunakan untuk bernafas karena masih belum sempurna. Lubang hidung pun baru mulai terbentuk, sehingga sesekali janin dapat mengalami cegukan.

Perkembangan Janin Usia 6 Bulan: Minggu ke-26

Pada usia ini, bayi dapat mencapai berat badan sebesar 1 kg dan panjang tubuh sekitar 23 cm. Mata mulai terbentuk meskipun masih tertutup. Penglihtan janin juga seudah mulai berfungsi ditunjukkan dengan adanya respon ketika mendapatkan cahaya. Janin akan memberikan respon seperti kedipan atau menggeliat.

Perkembangan Janin Usia 6 Bulan: Minggu ke-27

Pada usia ini, janin semakin tumbuh dan berkembang. Panjang tubuh janin dapat mencapai 38 cm dan berat sebesar 1 kg. Selain itu, pada usia ini janin memiliki indra perasa atau lidah dengan kuncup perasa yang banyak bila dibandingkan dengan setelah dilahirkan.

Indra perasa ini juga telah difungsikan oleh janin dalam merasakan perubahan cita rasa cairan ketuban. Air ketuban juga memiliki rasa yang mirip dengan apa yang dikonsumsi oleh ibu. Setelah merasakan perubhan cita rasa pada air ketuban, janin dapat memberikan respon seperti tendangan atau cegukan, misalnya ketika air ketuban terasa agak pedas.

Memahami perkembangan janin usia 6 bulan memang sangat penting dan harus selalu dikontrol agar janin yang ada di dalam kandungan tetap sehat. Namun jangan sampai lupa bahwa janin masih bergantung kepada sang ibu, sehingga ibu juga harus selalu menjaga kesehatan.

Join The Discussion