Kesehatan

Rahasia 6 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Rahasia 6 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kita pasti sudah tak asing lagi dengan jenis makanan umbi- umbian yang satu ini. Kentang adalah salah satu jenis makanan yang di dalamnya terkandung sumber karbohidrat yang cukup tinggi. Ini bisa menjadi sumber energi di dalam tubuh. Manfaat kentang sendiri sangat banyak, dan kentang sering juga dijadikan sebagai makanan pengganti nasi atau gandum.

Kentang mempunyai banyak kandungan karbohidrat dan pati. Setiap 100 gram kentang memiliki sekitar 80 kalori. Kentang juga mengandung banyak serat dan air. Selain itu, kentang pun mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin K, vitamin E, kalium (banyak), magnesium, mangan, kalsium, zat besi, dan seng.

Manfaat Kentang Untuk Diet

Karena kentang memiliki banyak kandungan potassium yang cukup, maka kentang dapat mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. hal ini tentu saja jika anda tepat dalam mengolahnya. Konsumsi kentang setiap hari sangat baik jika dibarengi dengan pengolahan yang tepat. Kadar gula dalam kentang tidak berbeda jauh dengan nasi. Namun bisa digunakan untuk diet rendah kolesterol.

Kentang bisa membatasi selera makan dan memasok serat. Untuk menurunkan dan mengelola berat badan peran serat pangan sangat penting. Serat akan berfungsi untuk pengganjal yang membuat kenyang lebih lama dalam sistem pencernaan. Proses pengolahan kentang yang baik dengan cara memanggang. Kentang dipanggang didalam oven hingga berubah warna menjadi coklat dan garing.

Meningkatkan Fungsi Otak Dengan Kentang

Banyak sekali kandungan vitamin B kompleks dan asam amino dalam kentang yang dapat membantu sistem saraf tetap aktif. Kandungan karbohidrat kentang yang banyak dapat menyediakan energi yang cukup yang diperlukan otak agar berfungsi secara efisien.

Antosianin merupakan antioksidan kuat untuk melindungi sel-sel saraf sehingga dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek dan menurunkan zat penyebab radang. Vitamin B6 membantu produksi serotonin dan dopamin, yang merupakan neurotransmiter yang diperlukan untuk mengatur mood.

Mencegah kanker

Dalam buah Kentang mengandung vitamin khususnya B6. Vitamin ini bermanfaat sebagai bahan untuk mencegah kanker dan tumor, khususnya kanker prostat. Disamping itu dengan mengkonsumsi kentang akan mengurangi sel kanker menyebar secara cepat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kentang akan memberi manfaat positif bagi jantung jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Banyak kandungan karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin yang bisa menurunkan kolesterol.

Vitamin B6 pada kentang bisa membantu menurunkan kadar homosistein yang merupakan agen inflamasi dan salah satu penyebab timbulnya penyakit jantung koroner karena membantu membentuk plak pada dinding pembuluh darah.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi

Untuk anda yang menderita hipertensi pasti akan cukup kebingungan dengan makanan apa yang harus dikonsumsi oleh anda. Kentang di dalamnya mengandung kalium dan juga kalsium yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Mengenai masalah ini sebenarnya masih menjadi penelitian dan belum muncul teori bantahan. Oleh karena itu anda bisa tetap mengonsumsi kentang dengan nyaman.

Menutrisi Kesehatan Kulit

Kandungan Vutamin C dan B serat magnesium dan seng yang ada dalam kentang sangat bermanfaat untuk kulit. Vitamin C sebagai antioksidan alami berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat radikal bebas serta menghambat proses oksidasi.

Kulit kentang yang bersama dengan air mawar serta air perasan lemon bisa digunakan untuk menghilangkan noda gelap juga bintik hitam karena terpapar sinar matahari. Manfaat kentang mentah bisa dipaka langsung dalam kulit untuk membantu anda dalam proses penyembuhan jerawat dan dapat menghilangkan bintik hitam. Kentang yang ditumbuk bersama madu bisa dioleskan pada kulit untuk membuat kulit terlihatlebih bersinar, lembut, juga terasa kenyal.

Join The Discussion