Kesehatan

Tahap Perkembangan Janin Usia 7 Bulan

Usia kehamilan 7 (tujuh) bulan berarti telah masuk pada trimester akhir. Ini berarti bahwa ibu dan janin telah berjuang bersama menempuh dua per tiga perjalanan sampai nanti melahirkan sang buah hati. Perkembangan janin usia 7 bulan harus selalu diperhatikan oleh ibu, sehingga tumbuh kembang janin dapat selalu dipantau dan dikontrol dengan baik.

Pada trimester akhir ini, tentu saja seorang ibu pasti akan semakin bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati. Namun, pasti juga terdapat kegelisahan karena sudah dekat dengan proses persalinan yang merupakan puncak perjuangan ibu dan bayinya.

Tahap Perkembangan Janin Usia 7 Bulan

Perkembangan Janin Usia 7 Bulan: Minggu ke- 28

Pada usia kehamilan ini, janin dapat mencapai berat tubuh 1,1 kg dan panjang sekitar 41 cm. Selain telah mampu batuk, cegukan, menghisap, janin kini juga telah memiliki keterampilan untuk mengedipkan kedua mata kecilnya.

Janin juga telah mampu bermimpi karena janin telah mengalami tidur REM (Rapid Eye Movement), namun belum siap untuk dilahirkan. Meskipun paru-paru telah berkembang dan hampir matang, namun janin masih harus menyempurnakan pertumbuhannya.

Perkembangan Janin Usia 7 Bulan: Minggu ke- 29

Usia minggu ke- 29, janin telah memiliki berat yang mencapai 1,4 kg dan panjang 43 cm. Meskipun ukurannya telah cukup besar, akan tetapi janin masih perlu menambah pertumbuhannya. Pada pertumbuhan minggu-minggu kedepannya, berat badan janin akan bertambah hingga dua kali lipatnya, bahkan hampir tiga kali lipatnya.

Pertambahan berat badan janin ini disebabkan oleh penumpukan lemak di bawah kulit janin yang telah terbentuk pula. Sebelum memiliki cadangan lemak, kulit janin nampak keriput dan kendur, namun setelah diisi oleh cadangan lemak, maka kulit akan mengencang sehingga tubuh janin akan mulai nampak berisi. Karena badannya yang semakin besar, maka hal ini juga menyebabkan ruang di dalam rahim semakin sempit, sehingga menahan aktivitas bayi.

Perkembangan Janin Usia 7 Bulan: Minggu ke- 30

Ukuran janin semakin bertambah besar, tubuh mulai berisi dan mencapai berat 1,4 kilogram. Otak bayi juga semakin bertambah besar yang nantinya akan menunjang proses belajar bayi sepanjang hidupnya.

Pada minggu ini, otak bayi mulai menampakkan alur dan lekukannya. Lekukan pada otak ini akan memudahkan pembesaran jaringan otak, yang akan berperan penting dalam kehidupan bayi. Mulai dari bayi yang belum memiliki kemampuan apa-apa, kemudian berkembang menjadi balita yang pandai berbicara, belajar berjalan, hingga menjadi manusia dewasa yang mampu berjuang hidup sendiri, bahkan berganti merawat orang tuanya.

Otak bayi semakin berkembang dan mampu mengatur suhu tubuhnya. Otak akan membangkitkan panas dengan bantuan cadangan lemak dalam tubuhnya, sehingga lanugo atau rambut halus yang berfungsi menjaga kehangatan bayi.

Perkembangan Janin Usia 7 Bulan: Minggu ke- 31

Berat tubuh janin akan bertambah pada minggu ini, panjang tubuh janin pun dapat mencapai sekitar 46 cm. Perkembangan janin pada minggu ini adalah otak. Pada minggu ini otak berkembang pesat dan membentuk triliunan sambungan otak.

Pada usia kehamilan ini, janin juga sudah dapat menggunakan jejaring sambungan otak yang begitu rumit yang baru saja ia kembangkan untuk memroses berbagai informasi. Janin sudah dapat mengenali arah cahaya dan menerima rangsangan indra dan memberikan respon kepada rangsangan tersebut meskipun dengan kedipan, gerakan, atau cegukan.

Pada tahapan perkembangan janin usia 7 bulan, janin juga sering mengantuk akibat banyak beraktivitas, sehingga akan tertidur lebih lama dalam fase REM. Dalam kondisi seperti ini, ibu pasti dapat mengetahui saat janin tidur, yakni janin hanya diam, dan saat janin beraktivitas yakni menendang atau memukul.

Join The Discussion