Kesehatan

Tahapan Perkembangan Janin Usia 9 Bulan

Siap! Perkembangan janin usia 9 bulan menunjukkan bahwa janin telah mengalami perkembangan yang sempurna dan siap untuk dilahirkan. Ibu dan ayah telah menanti kehadiran sang buah hatinya. Pada bulan ini, tidaklah mengherankan apabila sang ibu merasa cemas dengan apa yang akan dihadapinya nanti. Akan tetapi, terlalu memikirkan dan terlalu cemas justru dapat membahayakan ibu dan janin, apalagi apabila sang ibu justru stress atau depresi. Oleh karena itu, sebaiknya tetap tenang dan rutin memeriksakan kesehatan ibu serta kondisi janinnya.

Terkait dengan tanggal hari perkiraan lahir, hanya terdapat sekitar 5% bayi yang dilahirkan sesuai dengan prediksinya. Maka dari itu, ibu tidak perlu khawatir apabila proses persalinan tidak tepat dengan prediksi tersebut.

Tahapan Perkembangan Janin Usia 9 Bulan

Perkembangan Janin Usia 9 Bulan: Minggu ke- 37

Pada kehamilan pertama, pada minggu ini bayi akan berada di bagian lubang pinggul dan disangga oleh tulang panggul ibunya. Akan tetapi, apabila ini merupakan kehamilan yang sudah ke sekian kali, janin belum berada di posisi ini. Ukuran janin pada minggu ini mencapai 48 cm dan berat sekitar 2,8 kg.

Pada minggu ini, kepala janin sudah ditumbuhi oleh rambut yang lebat, hingga mencapai 3,5 cm. Akan tetapi, juga terdapat janin yang dilahirkan dengan rambut yang jarang atau bahkan tidak memilki rambut. Lanugo atau rambut halus juga sudah gugur. Lanugo yang gugur ini akan ditelan oleh janin dan akan dikeluarkan melalui tinja yang pertama kali dikeluarkannya di dunia.

Perkembangan Janin Usia 9 Bulan: Minggu ke- 38

Pada minggu, ini perkembangan dan pertumbuhan bayi semakin sempurna. Berat badan janin semakin bertambah dan panjang badan bayi pun juga semakin bertambah. Dalam usia kehamilan ini, semua organ janin telah berkembang dengan sempurna. Seluruh organ tubuh telah berkembang dengan baik dan sudah berada pada posisinya.

Organ paru-paru merupakan organ yang paling lambat perkembangannya jika dibandingkan dengan organ tubuh lainnya. Akan tetapi, seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan janin, paru-paru juga akan semakin matang dan siap difungsikan untuk pernafasan bayi ketika telah dilahirkan nanti.

Perkembangan Janin Usia 9 Bulan: Minggu ke- 39

Pada usia kehamilan ini, bayi sewaktu-waktu dapat lahir, dengan perkiraan berat badan sebesar 3 kg dan panjang butuh sekitar 50 cm. Lapisan yang berfungsi untuk melindungi janin ketika berada di dalam rahim ibu, kini telah meluruh dan bercampur dengan air ketuban, sehingga warnaya menjadi keruh.

Selain berat badan dan panjang tubuh, rambut janin juga sudah semakin panjang dan menebal. Kuku janin juga tumbuh dan semakin panjang.

Apabila dalam usia kandungan ini sang ibu merasakan nyeri dan belum melahirkan padahal sudah melewati perkiraan hari kelahiran anak, sang ibu jangan khawatir karena hal tersebut masih tergolong aman.

Perkembangan Janin Usia 9 Bulan: Minggu ke- 40

Minggu ke-10 kehamilan merupakan minggu terakhir kehamilan, sehingga prediksi kelahiran biasanya berada pada minggu ini. Apabila terdapat ibu yang melahirkan tidak sesuai dengan perkiraan, maka tidak perlu cemas. Selama tidak ada gangguan pada kandungan, maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Pada minggu ini, bayi telah memiliki kemampuan yang dibutuhkan ketika telah lahir di bumi ini. Selain itu, janin pun telah sering mengisap jempol yang berperan dalam mengembangkan kemampuan janin menghisap payudara ibu nantinya.

Selain itu, yang perlu diperhatikan pada perkembangan janin usia 9 bulan adalah, pada masa ini tubuh ibu akan terus memproduksi cairan ketuban sampai dengan janin dilahirkan. Oleh karena itu, ibu harus mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuhnya, sehingga tidak ada gangguan kesehatan tubuh maupun kandungan.

 

 

 

Join The Discussion